Pages

Aktifitas bernilai ibadah

Hidup kita ini tidak terlepas dari aktifitas. Aktifitas yang kita lakukan seringkali berkaitan dengan tujuan hidup kita. Diantara tujuan hidup itu ada yang berkeinginan menjadi pengusaha, politisi, artis, guru, atau apapun yang berguna bagi hidupnya.. Aktifitas ini terdiri dari dua jenis, pertama aktifitas yang  akan hanya menjadi sekedar aktifitas saja, kedua aktifitas yang akan menjadi pahala, karena ketika kita beraktifitas (aktifitas yang halal) meniatkannya untuk mendapatkan ridho Alloh Swt, jadi disini ada yang membedakan antara aktifitas yang sekedar melakukan aktifitas dengan aktifitas yang mengkaitkan Alloh Swt didalamnya. kenapa harus mengkaitkan dengan Alloh Swt. Karena hal ini merupakan bentuk kepasrahan makhluk ciptaan kepada yang telah menciptakan makhluk itu yaitu Alloh Swt.. 

Kemudian ada pertanyaan  ketika seseorang sudah mencapai apa yang menjadi tujuan hidupnya seperti yang di paparkan diatas, apakah sudah membuat seseorang bisa merasa bahagia, dan mendapat ketenangan hati? Misal kita sudah menjadi pengusaha kaya raya yang memiliki harta melimpah, apakah sudah menjamin kita hidup bahagia?

Dalam membuat tujuan hidup kita, kadang kala kita berkesimpulan ketika apa yang kita inginkan tercapai, hal yang demikian itu merupakan kebahagian kita. Padahal sebenarnya itu tidak menjamin.  Karena kebahagian itu terletak ketika kita dekat dengan Alloh Swt, artinya dalam kondisi apapun lakukanlah perbuatan yang semuanya untuk mengharap ridha Alloh Swt. Karena kebahagian itu tidak mungkin dapat kita rasakan ketika kita jauh dari Alloh Swt..

Tujuan hidup kita sebenarnya adalah menadapatkan ridho Alloh Swt, maka dari lakukan aktifitas kita yang semuanya berharap akan mendapat ridho nya.. berharap akan menjadi lebih dekat dengan Nya..

Selamat beraktifitas, beraktifitas yang memberi manfaat, aktifitas yang diniatkan untuk beribadah kepada Alloh Swt..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar