Pages

Satu tubuh

Sesama muslim itu bersaudara, laksana satu tubuh. Jika saudara muslim kita ada yang didzhalimi maka yang lainnya ikut merasa sakit. Seperti halnya jika salah satu anggota tubuh kita misalkan kaki menginjak duri tentu kedua tangan ini mengusapnya dan mencari letak duri itu, lalu kedua mata kita ikut melihat kondisi. bahkan mungkin kita pernah jika salah satu anggota tubuh kita kesakitan mata kita ikut sampai menangis.

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِيْ تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal kasih, sayang dan kecenderungan jiwa (simpati) seperti perumpamaan jasad/tubuh. Jika salah satu anggota tubuh sakit maka seluruh tubuh akan merasakannya, yaitu tidak bisa tidur dan (sakit) demam. (HR Ahmad, Baihaqi, Muslim, Thabrani dan Qudha‘i. Adapun lafazh hadits menurut riwayat Imam Muslim)

اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا
Orang mukmin bagi mukmin lainnya seperti bangunan, sebagiannya menguatkan sebagian yang lain. (HR Abu Ya‘la, Ahmad, Bukhari, Ibnu Abi Syaibah, Ibnu Hibban, Muslim, Nasa’i, Thabrani, Tirmidzi dan Qudha‘i )

Setelah membaca hadits diatas rasanya saya heran ketika masih ada yang mencibir saat kita menunjukan kepedulian kita terhadap saudara kita yang sedang terdzhalimi seperti di Mesir. Tapi ya sudahlah... jangan dihiraukan. 

Yukk.. kita doakan saudara-saudari muslim kita seperti di palestina, suriah, mesir, irak, rohingya.. dan yang lainnya.. agar mereka disana selalu ada dalam lindungan Alloh Swt.. Aamiin

oh iya jangan lupa, coba perhatikan saudara-saudaramu yang ada disekitar, jangan-jangan ada yang sedang kesulitan.. kalau ada kita harus siap bantu sebisa mungkin.. 

Selamat mencoba merasakan indahnya ukhuwah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar