Pages

Jaga Lingkungan Hidup Kita

Manusia tidak akan bisa terlepas dari keberadaan lingkungan hidup, kita bisa bernafas, kita bisa minum, kita bisa makan semua didapat dari lingkungan hidup . Kita sering menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi.  Adapun berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.


Begitu pentingnya lingkungan hidup untuk manusia, maka kita harus menjaganya dan harus ada penyadaran untuk semua, bukan hanya pemerintah namun masyarakatnya juga. Peringatan hari lingkungan hidup sedunia 5 juni kemarin hendaknya kita jadikan momentum untuk menambah semangat kita untuk lebih mejaga lingkungan hidup lagi.  


Penyadaran akan menjaga kelestariaan lingkungan hidup sangat perlu mengingat permasalahan kerusakan lingkungan hidup di Indonesia sangat tinggi. Mungkin kita pernah mendengar bahwa Indonesia adalah negara paru-paru dunia, tapi saat ini ternyata dari 140 juta hektar hutan Indonesia, 60 juta hektar sudah mengalami kerusakan. Sedangkan data dari FAO menyatakan kalo selama tahun 2000-2005 hutan Indonesia berkurang 1.87 juta hektar per tahunnya! Bisa dibayangkan beberapa tahun kedepan jika mengalami pengurangan hutan sebesar 2% pertahun, Indonesia akan  terihat seperti gurun. 


Bukan hanya hutan Indonesia, permasalahan kerusakan lingkungan juga menyentuh air, udara, laut. Setiap harinya, 775 ton polutan mencemari air di Indonesia. Indonesia tercatat sebagai negara urutan nomor 6 dalam hal pencemaran air ini. Khususnya pulau Jawa, pencemaran air udah bisa dibilang kritis, dan dari 306 PDAM di Indonesia, hanya 10% yang airnya dinyatakan sehat. Kemudian udara, pencemaran udara di Indonesia adalah nomor 3 terburuk di dunia dengan Jawa Barat sebagai yg terparah, hal itu disebabkan oleh emisi gas kendaraan yang dihasilkan kendaraan tidak berbanding dengan ruang hijau yang ada. Dan yang terakhir adalah laut Indonesia, pasti sudah kita ketahui bahwa wilayah indonesia 2/3 nya adalah laut, maka dari itu Indonesia dikenal dengan julukan negara maritim. Namun yang terjadi saat ini dengan laut kita adalah kerusakan terumbu karang sebesar 93,8% yang diakibatkan oleh cara menangkap ikan dengan menggunakan bom. Selain itu air laut Indonesia telah terjadi pencemaran pula, akibat dari eksplorasi minyak bumi dan gas alam. Baru-baru ini kita mendengar bahwa laut indonesia tercemar logam merkuri.


Dengan melihat permasalahan kerusakan lingkungan hidup yang ada di Indonesia, tentunya kita harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelestariannya. Dan hal itu bisa kita mulai dari hal yang terkecil seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon dan merawatnya, mengurangi pemakaian plastik, dan hal lainnya yang bisa kita lakukan sendiri untuk ikut berperan dalam menjaga lingkungan hidup. Mari jaga lingkungan hidup kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar