Pages

ABP (Ayo Bergerak Produktif)


Allah yang menciptakan kalian dalam keadaan lemah, kemudian sesudah kelemahan itu kekuatan, lalu menjadikan sesudah kekuatan itu lemah kembali dan beruaban” (QS Ar Rum 54)

         Betapa Alloh swt telah menciptakan siklus yang begitu tertata dengan indah untuk manusia, kita terlahir dalam keadaan lemah, lalu kita menjadi kuat, dan kita akan kembali lagi menjadi lemah dan beruban. Bila kita melihat siklus dalam ayat tersebut saat ini kita berada dalam masa “kekuatan”. Tentunya kita sebagai pemuda harus menyadari siklus ini agar kita tidak menyianyiakannya. Kekuatan itu akan tersembunyi bila kita tidak menunjukannya dengan gerak.

         Ayo bergerak produktif, sebuah seruan untuk para pemuda agar senantiasa memaksimalkan potensi yang dimilikinya untuk sama-sama bergerak, untuk sama-sama menghasilkan karya, jangan sampai kita melewatkan masa-masa ini begitu saja, karena waktu akan terus berlalu dan akan membawa kita ke siklus selanjutnya atau bahkan kita tak sampai melewati siklus yang lainnya. Banyak hal yang bisa perbuat pada saat ini, setidaknya ada empat hal yang menurut saya kita bisa mengembangkan potensi kita didalamnya.  

         Pertama akademik, silahkan bagi yang memiliki potensi dalam hal akademik terus kembangkan potensi nya seperti membuat karya ilmiah, mengikuti pimnas, atau kejuaran lainnya yang berkaitan dengan akademik.  

         Kedua service, yang kedua ini merupakan tempat bagi para organisatoris, dalam hal ini banyak hal yang dapat membuat potensi kita bisa berkembang, seperti cara berkerjasama, public speaking, komunikasi, dan kepemimpinan. 

         Ketiga entrepreneur, yang ketiga ini merupakan hal sedang menjadi trend saat ini, terlebih entrepreneurship sangat mendapat dukungan dari pemerintah, karena Indonesia sendiri sekarang hanya memiliki jumlah pengusaha sebesar 1% dari total jumlah penduduk Indonesia, sedangkan negara maju yang lainnya paling tidak memiliki pengusaha sebesar  5% dari jumlah total penduduknya. Menjadi pengusaha muda yang sukses, siapa takut!  

         Keempat Sosial, yang terakhir ini adalah tempat bagi para pemuda yang memiliki passion dalam dunia sosial, sekarang sedang marak gerakan-gerakan ataupun lembaga yang bersifat sosial seperti Tangan di Atas, Sedekah Rombongan, Indonesia Mengajar, dll biasanya mereka yang bergelut dibidang ini lebih paham dan peka terhadap masalah-masalah sosial saat ini.

         Keempat hal tadi adalah garis besar, dimana kita bisa mengembangkan passionnya masing-masing. Jangan kita tunggu sampai tua baru kita akan berubah, karena belum tentu juga kan kita sampai di masa itu. Maka sebaiknya kita optimalkan diri kita saat ini, dan ayo bergerak produktif :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar